Advertisement

Taman Tirta Wangi adalah simbol pintu masuk kawasan kota Banyuwangi dari arah Selatan.  Tak banyak masyarakat yang tahu jika taman yang berada di pintu masuk pusat kota Banyuwangi ini bernama Taman Tirta Wangi Banyuwangi. Masyarakat lebih akrab menyebutnya dengan Taman Patung Kuda. Taman Tirta Wangi memiliki bentuk unik yakni segitiga dan letaknya berada dipertemuan jalan poros dan jalan arteri yang menuju ke arah pusat Kota.

Bisa dikatakan Taman Tirta Wangi merupakan kebanggaan warga Banyuwangi. Pohon-pohon rimbun menjuntai mengelilingi taman, sementara tanaman-tanaman kecil seperti bunga menghiasi bagian dalam taman. Yang paling menarik tentunya adalah adanya Monument Tirta Wangi yang disimbolkan oleh patung kuda (Kereta Kencana Srikandi). Di sisi Baratnya adalah simpang empat, dan di sisi Timurnya adalah simpang tiga. Meski taman ini terbilang kecil namun banyak ditumbuhi pepohon keras yang tumbuh disekelilingnya.

Dibagian dalam Taman Tirta Wangi terdapat kolam yang ditengahnya berdiri patung Kereta Kencana Srikandi. Dibandingkan dengan taman lainnya, taman Tirta Wangi hanya ramai dikunjungi di sepanjang siang hari saja. Lokasi Taman Tirta Wangi ini juga cukup strategis yakni tepat berada di persimpangan Jalan Adi Sucipto yang merupakan jalan masuk menuju pusat Kota Banyuwangi.

Advertisement