Advertisement

Desa Sidomulyo merupakan salah satu kawasan yang terdapat di Kota Wisata Batu. Sudah sejak jaman Kolonial Belanda memang Desa Sidomulyo ini terkenal dengan produksi bunganya. Bahkan yang istimewa mayoritas penduduk Desanya berprofesi sebagai petani bunga. Hal ini dikarenakan lokasinya yang strategis dan ditunjang dengan udara pegunungan yang sejuk menjadikan Kawasan Wisata Bunga Sidomulyo ini memang sangat cocok untuk membudidayakan berbagai jenis dan macam bunga. Budidaya bunga yang terdapat di Desa Wisata Sidomulyo dilakukan di tiga dusun, yaitu Dusun Tinjumoyo, Dusun Tonggolari dan Dusun Sukorembug.

Terdapat lebih dari 1000 jenis bunga yang dibudidayakan di Desa Sidomulyo ini. Berbagai jenis tanaman yang dibudidayakan itu antara lain seperti Mawar, Wali Songo, Beringin Putih, Sakura, Cemara, Anggrek, Ceplok Piring, Krissan, Agape, Bambu Air, Lavender, Nusa Indah dan masih lagi jenis tanaman lain yang dibudidayakan di Kawasan Wisata Bunga Desa Sidomulyo ini. Disini Anda bisa belajar cara membudidayakan tanaman mulai dari cara menanam bibit, menyiram, pemupukan, proses mekarnya bunga, hingga siap untuk dijual di pasaran.

Selain menyuguhkan hamparan bunga yang beraneka jenis dan warna, Kawasan Wisata Bunga Sidomulyo juga terkenal dengan keindahan Desanya yang diklaim sebagai taman bunga di Kota Wisata Batu. Hal tersebut terlihat dari pemukiman warga yang dipeniuhi dengan berbagai macam jenis bunga dan tanaman hias yang terlihat indah dan tidak seperti sebuah Desa melainkan seperti deretan tanaman bunga yang indah. Bagaimana tertarik untuk mengisi hari libur dengan berwisata sekaligus belajar, silahkan saja Anda datang ke Desa Wisata Bunga Sidomulyo Kota Batu.

Advertisement