Advertisement

Gunung Bromo memang sudah lama menjadi objek wisata yang namanya sudah tidak asing lagi di telinga. Siapa yang menyangka gunung berapi yang hingga saat ini masih berstatus aktif ini merupakan salah satu objek wisata yang sangat terpopuler baik di dalam negeri hingga di rana mancanegara. Gunung yang mempunyai ketinggian 2.392 meter di atas permukaan laut ini terletak di dalam 4 kawasan yakni Pasuruan, Kabupaten Probolinggo, Lumajang dan Kabupaten Malang.

Bagi Anda yang baru pertama kali datang untuk berwisata ke Gunung Bromo ini Anda akan dibuat terkesan akan keindahan panorama alam Bromo yang begitu menakjubkan. Hamparan padang savana yang berwarna hijau bersamaan dengan lautan pasir halus yang memiliki luas sekitar 10 kilometer persegi benar benar siap memukau siapa saja yang melihatnya. Gunung Bromo juga terkenal akan kawahnya yang begitu indah ketika mengeluarkan asap belerang yang relatif cukup tipis. Disekitar Gunung Bromo juga terdapat beberapa gunung lain yakni diantaranya Gunung Batok, Gunung Semeru dan Gunung Penanjakan yang menjadi lokasi paling strategis untuk melihat sunrise dari puncak Gunung Bromo.

Salah satu peristiwa yang unik di kawasan Gunung Bromo adalah tradisi adat bernama “Yadnya Kasada atau Kasodo” yakni rangkaian adat yang biasa disebut dengan upacara kasada yang selalu diselenggarakan penduduk Tengger di sebuah pura yang terletak di bawah kaki Gunung Bromo Utara setiap bulan purnama. Pada saat upacara adat ini berlangsung, jumlah pengunjung yang datang bisa melonjak berlipat lipat termasuk berbagai media Nasional maupun Internasional yang datang untuk meliput tradisi yang unik dan selalu dilestarikan hingga saat ini. Untuk masalah tempat penginapan Anda tidak perlu khawatir karena di kawasan Bromo sudah banyak berdiri hotel, villa dan tempat penginapan lainnya yang dapat Anda sewa.

Advertisement