Advertisement

Wisata Anyar Mangrove atau disingkat dengan WAM, adalah salah satu objek wisata baru yang ada di Surabaya, tepatnya berada di daerah Gunung Anyar – Rungkut. Area wisata yang berada di sekitar 2 km ke arah timur kampus UPN ini, selain menyuguhkan hutan mangrove yang alami, juga dilengkapi dengan binatang-binatang yang masih terbilang langka, misalnya seperti monyet berekor panjang. Selain monyet, di Ekowisata Hutan Mangrove Gunung Anyar ini, anda juga  bisa menikmati berbagai spesies burung yang beterbangan di sepanjang perjalanan menuju area Ekowisata Mangrove.

Ekowisata Anyar Mangrove ini pertama kali diresmikan dan di buka secara umum pada awal tahun 2010, atau tepatnya 1 Januari 2010 pukul 8.30 WIB, oleh Walikota Surabaya Bambang DH, dengan disaksikan pula oleh Yusak Anshori (kepala Surabaya Tourism Board), Camat Gunung Anyar Kanti Budiarti, Lurah Gunung Anyar Tambak Jailani, pakar tata kota Johan Silas dan Firman Arifin, Ketua RW VII Gunung Anyar Tambak, mewakili warganya yang menggagas hutan mangrove ini untuk dijadikan objek wisata. Selain menyuguhkan Wisata Hutan Mangrove, Ekowisata ini juga mempunyai nilai eksotis tersendiri yakni diantaranya seperti penggunaan perahu nelayan yang asli sebagai alat penyebrangan untuk menuju area mangrove.

Berbeda halnya jika di  Pantai Ria Kenjeran meskipun Anda juga menaiki perahu, tetapi masih terlihat bangunan-bangunan yang ada disekitarnya. Sehingga kesan kota masih terasa. Sedangkan di Wisata Anyar Mangrove ini sungguh sangat berbeda, begitu Anda memasuki area mangrove, Anda hanya akan dapat melihat lebatnya hutan mangrove dan air laut, dan yang membuat lebih istimewa adalah Anda juga Akan ditemani dengan flora dan fauna yang sangat menarik bahkan sebagian besar tergolong langkah.

Kedepannya, bukan hanya unsur wisata mangrove saja yang akan dihadirkan di Ekowisata ini, namun juga wisata pendidikan flora dan fauna, wisata kuliner, wisata kolam pancing di tambak, wisata olah raga bersepeda sebagai alternatif lain menuju area mangrove, serta wisata belanja hasil laut dan tambak juga akan ditambahkan di Wisata Anyar Mangrove ini. Yang lebih menjadikan Wisata Anyar Mengrove ini karena Ekowisata ini melibatkan banyak pihak yakni diantaranya seperti nelayan, petani tambak, UKM, RT, RW, PKK, Forum Kemitraan Polisi dan Masyarakat (FKPM) serta Karang Taruna.

Bagaimana penasaran, silahkan saja Anda berkunjung langsung ke Wisata Mangrove Gunung Anyar yang berlokasi di kawasan Gunung Anyar – Rungkut, Surabaya.

Advertisement