Advertisement

Lawang Sewu merupakan salah satu kawasan wisata yang wajib untuk Anda kunjungi ketika sedang berkunjung ke kota Semarang. Penyebutan Lawang Sewu oleh penduduk lokal bukan tanpa alasan. Dalam bahasa Jawa, lawang berarti pintu dan sewu berarti seribu, jadi lawang sewu berarti seribu pintu. Hal ini bukan berarti bahwa Bangunan Lawang Sewu memiliki seribu pintu, melainkan untuk menggambarkan jumlah pintu di Lawang Sewu yang teramat banyak.

Meski sudah berusia satu abad, gedung bergaya indis yang dipadukan dengan ornamen lokal yang kental ini masih terlihat kuat dan kokoh. Hiasan kaca patri di jendela semakin menambah kesan mewah dan elegan. Waktu rupanya tak mampu memudarkan kegagahan dan keanggunan gedung yang menjadi landmark Kota Semarang ini. Selain arsitekturnya yang indah, Gedung Lawang Sewu juga sarat akan nilai sejarah. Pada awal pembangunannya, gedung yang terletak tepat di depan Jalan Raya Pos Daendels ini digunakan sebagai kantor pusat NIS dan tempat tinggal pegawai Belanda. Kemudian pernah digunakan sebagai penjara bawah tanah oleh serdadu Jepang, lokasi pertempuran 5 hari di Semarang, hingga kantor pemerintahan pasca Indonesia merdeka.

Saat ini pengelolaan Gedung Lawang Sewu Semarang berada di bawah PT KAI. Memasuki salah satu kawasan wisata Lawang Sewu, Anda akan langsung disambut lorong panjang yang dipenuhi pintu kayu di kanan dan kirinya. Bangunan yang dulu juga berfungsi sebagai tempat tinggal pegawai NIS ini dilengkapi dengan ballroom, ruang makan yang luas, gedung serbaguna, hingga gedung pertunjukan berbentuk bahtera terbalik di lantai atas. Sayangnya tidak ada lagi perabotan yang tersisa di ruangan tersebut, yang ada hanyalah ruangan yang kosong dan hampa.

Jika Anda mengaku pemberani, maka Anda wajib mencoba untuk menguji keberanian Anda dengan mengunjungi dan menyusuri ruang bawah tanah. Menyaksikan ruangan-ruangan sempit, gelap, dan lembab yang pernah digunakan sebagai penjara berdiri dan penjara jongkok membuat bulu kuduk meremang. Aroma kekejaman yang terjadi di masa lalu terasa dengan jelas. Anda pun pasti akan mempercepat langkah meninggalkan ruangan ini. Untuk dapat menikmati sejarah yang ada di Lawang Sewu Semarang ini setiap pengunjung yang datang dikenakan tiket seharga :

  • Untuk Anak (usia 3 -12 tahun) : Rp. 5.000
  • Untuk Dewasa : Rp. 10.000
  • Untuk Pelajar : Rp. 5.000

Sedangkan untuk masuk ke ruang bawah tanah, pengunjung dikenakan tarif Rp. 10.000. Khusus untuk hari Kamis, Jumat, dan Sabtu tersedia paket mengitari Lawang Sewu yang diadakan pada pukul 24.00 WIB. Bagaimana penasaran ingin berkunjung, silahkan saja Anda datang langsung ke Lawang Sewu Semarang yang berlokasi di Jalan Pemuda, Komplek Tugu Muda, Semarang.

Advertisement